blog

Tips Agar Tetap Aman dari Hacker Saat Konferensi Video

Konferensi video menjadi alternatif paling dipakai oleh masyarakat selama pandemi Covid 19 yang menyerang dunia, karena pemerintah yang mengeluarkan himbauan untuk melakukan aktivitas di dalam rumah. Kegiatan pekerjaan, rapat, belajar mengajar, bahkan ibadah, sekarang semua dilakukan secara virtual, dan konferensi video menjadi pilihan sebagian besar masyarakat agar tetap dapat bertatap muka dengan kerabat di luar rumah. 

Tetapi, tidak sedikit masyarakat yang khawatir akan keamanan dalam melakukan konferensi video. Ada beberapa berita yang mengabarkan bahwa orang asing atau hacker dapat masuk kedalam ruang konferensi video dan membajak kegiatan virtual dengan mengirimkan hal-hal yang tidak pantas atau masuk kedalam komputer anda dan mengakses data pribadi anda. Masyarakat pun harus lebih hati-hati dalam melakukan kegiatan konferensi video dengan rekan-rekanya. 

Lantas, hal apa yang mesti anda lakukan agar kegiatan konferensi video anda berjalan dengan aman? Berikut tips yang dapat anda lakukan agar terbebas dari rasa takut akan hacker dan tidak perlu khawatir akan keamanan data pribadi anda. 

 

  1. Gunakan aplikasi video conference yang resmi atau berlangganan. 
  2. Selalu perbarui aplikasi konferensi video anda. Jika notifikasi update sudah muncul untuk memperbarui aplikasi konferensi video anda, segera lakukan pembaruan karena versi lama bisa menjadi celah keamanan aplikasi konferensi video. 
  3. Pakailah aplikasi konferensi video yang meminta izin ketika mengaktifkan kamera atau mikrofon, dan pastikan juga tidak ada permintaan akses kamera atau mikrofon yang tersembunyi.
  4. Pastikan aplikasi konferensi video anda sudah mendukung teknologi enkripsi agar jalur komunikasi anda aman. 
  5. Pastikan anti virus komputer anda selalu terupdate untuk menghindari adanya virus yang dapat mengaktifkan kamera perangkat anda.
  6. Buat kebijakan konferensi video yang dapat menetapkan harapan serta batasan di antara semua pesertanya. Berikan himbauan kepada peserta video untuk tidak membagikan link atau nomor ruangan konferensi video kepada sembarang orang, atau menyebarkan foto tampilan konferensi video yang menampilkan ID ruangan konferensi video. 

 

Vikon.id dapat menjadi pilihan tepat anda dalam melakukan konferensi video dengan aman, karena dilengkapi oleh sistem SSL (Secure Socket Layer) dimana SSL merupakan fitur enkripsi yang terdapat pada website. Selain aman, Vikon.id dapat digunakan dengan mudah tanpa harus mengunduh aplikasi, dan pengalaman video konferensi anda akan lebih menarik dengan dukungan fitur-fitur dari Vikon.id. Dengan promo yang menarik juga, anda dapat mengakses Vikon.id di perangkat mana saja dan kapan saja dengan kuota yang lebih hemat hingga 75%.

 

Leave a Reply