blog

Tips Memilih Internet Provider Terbaik

Masyarakat jaman sekarang menggunakan internet sebagai salah satu kebutuhan utama, atau kebutuhan primer. Internet menolong kegiatan sehari-hari dalam berbagai hal, baik itu yang berkaitan dengan bisnis atau hobi. Tidak sedikit masyarakat yang tidak bisa lepas dari intenet meskipun hanya sehari saja. 

Kebutuhan akan internet semakin meningkat semenjak pandemi COVID 19 yang melanda dunia. Masyarakat yang dihimbau pemerintah untuk menjaga jarak dan melakukan aktivitas sehari-hari dirumah, harus mengalihkan segala kegiatan menjadi virtual. Kegiatan virtual yang dilakukan tentunya membutuhkan Internet dengan kualitas terbaik agar dapat berjalan dengan lancar. 

Lantas, agar segala urusan tidak terganggu dengan jaringan internet yang kurang baik, ada baiknya jika memilih internet provider yang baik yang semakin mempermudah dan memperlancar segala kegiatan dan aktivitas. 

 

Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar dapat memilih internet provider terbaik. 

1. Pahami  Bandwidth Internet 

Bandwidth adalah istilah yang digunakan oleh penyedia layanan internet untuk menunjukkan kecepatan maksimal yang bisa dicapai oleh layanan internet mereka. Satuanya ada bits per second (bps). Bandwidth selanjutnya lebih dikenal dengan angka dan satuan seperti 20 Mbps, 20 Mbps, 50 Mbps, dan 100 Mbps. Angka-angka tersebut menunjukkan kecepatan internet yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan anda yang berkaitan dengan internet seperti chatting, browsing, download, upload, dan lainnya. 

Namun, pada dasarnya kecepatan internet tidak bisa diprediksi. Kecepatan internet tidak bisa Anda nikmati setiap saat karena beberapa faktor, seperti banyaknya pengguna di saluran internet yang sama, wilayah urban padat, dan area yang terpencil.

Oleh sebab itu, provider internet selalu mencantumkan kecepatan “up to” atau “hingga” pada layanan internet mereka karena memang kecepatan layanan internet tidak bisa diprediksi.

 

2. Melihat Lokasi

Langkah pertama dalam memilih penyedia internet adalah mencari tahu apa yang tersedia di wilayah Anda. Tidak semua penyedia tersedia di setiap area. Area cakupan berbeda dari satu penyedia ke penyedia lainnya. 

Harga, kecepatan, penawaran khusus, dan daftar paket juga bervariasi menurut lokasi. Apa yang Anda lihat di iklan belum tentu dapat Anda peroleh. Selalu periksa ketersediaan paket di wilayah Anda sebelum Anda memutuskan itu yang tepat untuk Anda.

 

3. Bandingkan harga dan kecepatan

Ketahuilah berapa harga dan layanan yang ditawarkan oleh provider satu dan lainya. Internet yang lebih cepat dan lancar pasti memiliki harga yang lebih menguras kantong. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika segala kegiatan anda sangat bergantung pada internet, sebaiknya pilih internet provider yang menawarkan kuota lebih besar. Tapi jika memang tidak sesuai dengan budget Anda, internet murah dengan kuota lebih kecil juga tetap bisa anda gunakan dengan resiko kecepatan internet yang lambat. 

 

4. Mencari Testimoni

Dalam memilih internet provider, kita sering termakan oleh iklan dan akhirnya apa yang kita pilih atau beli tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. 

Maka dari itu, kika anda butuh untuk meyakinkan diri anda agar tidak salah memilih internet provider, anda bisa mencari tahu dari testimoni orang-orang yang sudah memakai internet provider tersebut. Dari testimoni tersebut, anda dapat mengetahui provider tersebut dari segi kualitas dan harga. 

 

5. Customer Service

Saat memilih internet, anda juga harus mempelajari layanan yang diberikan internet provider yang anda pilih. Hal ini dapat sangat membantu anda jika tiba-tiba internet anda memiliki gangguan disaat anda sedang membutuhkan nya. 

Lebih baik memilih internet provider yang memiliki layanan 24 jam, agar jika terjadi gangguan di malam hari, tetap ada yang memberikan bantuan dan support tapa harus menunggu keesokan harinya. 

 

 

Leave a Reply