blog

Video Conference : Pengertian, Fungsi dan Manfaat

Pandemi Covid 19 di tahun 2020 membuat banyak perusahaan, sekolah, kampus, dan berbagai golongan mengurangi aktivitas diluar rumah dan melakukan segala kegiatan di dalam rumah. Kegiatan virtual pun menjadi salah satu jalan terbaik untuk tetap dapat melakukan rapat, belajar-mengajar dan kegiatan pertemuan lainya secara virtual untuk mengurangi kemungkinan terkena Covid 19.

Maka dari itu, banyak perangkat lunak video conference marak digunakan oleh dunia agar tetap terhubung satu sama lain. Teknologi ini memungkinan para pengguna untuk tetap berkomunikasi dan bertatap muka meskipun mereka berada di lokasi yang berbeda, agar tetap menjaga jarak dan menjaga kesehatan diri masing-masing. 

 

Apa itu Video Conference?

 

Video Conference atau Konferensi Video dalam Bahasa Indonesia, adalah teknologi telekomunikasi yang interaktif dan memungkinkankan dua pihak atau lebih yang berada di lokasi berbeda agar dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan. Konferensi Video ini harus dilakukan melalui perangkat video conference, dan orang yang melakukan video conference bersama kita harus menggunakan perangkat yang sama dengan yang kita gunakan. 

 

Manfaat dan Fungsi Video Conference 

  • Bisnis

Istilah Work From Home menjadi sering digunakan, terutama untuk para pekerja kantoran. Segala kegiatan bisnis di luar kantor pun menjadi terhalang, terutama mengadakan rapat dengan rekan-rekan bisnis. Video Conference menjadi alat untuk meningkatkan produktivitas para pekerja, terutama untuk berkomunikasi dengan client, mitra atau pelanggan. Biaya operasional pun menjadi lebih berkurang, dan kesehatan tetap terjaga. 

  • Sekolah

Sejak Covid 19 melanda Indonesia, Menteri Pendidikan menerapkan kebijakan untuk sekolah dan universitas agar melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah. Video conference pun menjadi kebutuhan primer bagi para guru, siswa, dosen dan mahasiswa dalam melakukan aktivitas belajar mengajar, sehingga materi pembelajaran masih tetap dapat tersampaikan dengan baik. 

  • Masyarakat

Karena harus menjaga kesehatan diri masing-masing dan orang lain, kita harus menjaga jarak dengan orang-orang yang tinggal diluar rumah kita, termasuk  keluarga dan kerabat dekat kita. Meskipun tidak berjumpa secara langsung, video conference dapat membantu komunikasi dengan keluarga dan kerabat tetap berjalan secara intens di tengah berlangsungnya pandemi ini. 

 

Vikon.id dapat menjadi pilihan tepat anda dalam melakukan konferensi video dengan mudah dan tetap menjaga komunikasi yang baik dengan kerabat dan keluarga tanpa gangguan. Dengan fitur-fitur dan promo yang menarik, anda dapat mengakses Vikon.id tanpa harus mengunduh aplikasi, dan dapat digunakan di perangkat mana saja dan kapan saja dengan kuota yang lebih hemat hingga 75%. 

 

Leave a Reply